international preschool

Ayah Bunda, Lakukan Hal Berikut Agar Anak Nyaman di Preschool

Preschool atau pendidikan anak sebelum memasuki masa sekolah formal seperti taman kanak-kanak tidak jarang menjadi pilihan bagi sebagian orang tua sehingga anak dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya atau kepercayaan diri. Namun, tidak sedikit anak yang merasa tidak nyaman dengan preschool tersebut, misalnya international preschool karena berbagai macam alasan, salah satunya adalah karena masih asing dengan preschool tersebut.

Untuk mengantisipasi agar anak tidak takut untuk masuk ke preschool termasuk ke preschool taraf internasional, terdapat beberapa tips yang dapat Ayah dan Bunda lakukan, diantaranya yaitu:

  • Menceritakan mengenai sisi positif ke anak seputar sekolah terutama di preschool yang hendak dipilih sehingga anak akan memiliki gambaran yang positif.
  • Mengajak anak survey atau memilih sendiri preschool sehingga anak akan merasa nyaman karena pilihannya sendiri.
  • Memperkenalkan guru dan teman sekolahnya agar anak tidak merasa sendiri ketika ditinggal oleh orang tuan.
  • Mengajak untuk membeli peralatan yang diperlukan untuk sekolah.

Untuk mengantisipasi mood anak yang sering berubah terutama ketika di pagi hari ketika anak harus berangkat ke preschool adalah dengan membiasakan anak untuk bangun pagi. Salah satu masalahnya adalah anak susah untuk bangun pagi dan ketika ‘dipaksa’ untuk sekolah, mood anak menjadi tidak baik. Dengan mengajarkannya bangun pagi, Anda selaku orang tua dapat membuat mood anak menjadi baik untuk mengawali harinya.

Ketika anak tidak takut untuk bersekolah di international preschool atau di PAUD, Anda tidak boleh lepas tangan karena akan membuat Anda, anak ataupun pihak sekolah menjadi canggung sehingga membuat suasana tidak nyaman, cara yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Bertukar informasi dengan guru. Anda akan memberikan informasi seputar anak Anda sehingga guru dapat menyesuaikan dengan anak dan hasilnya anak akan merasa nyaman di preschool.
  • Membiarkan anak untuk akrab dengan guru sebagai salah satu tahap perkembangan yang baik untuk anak.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah sehingga anak akan merasa nyaman dan diperhatikan walaupun sudah masuk ke preschool terutama jika Anda merupakan orang tua yang sibuk dengan pekerjaan karena hal tersebut dapat berpengaruh pada mental anak.

No Comments

Leave a Comment