BKPM Indonesia Terus Meningkatkan Investasi Usaha Peternakan Sapi

BKPM sejauh ini terus berupaya untuk meningkatkan dan mengembangkan investasi dalam usaha peternakan sapi serta menumbuhkan industri pengolahannya demi mendorong laju pemerataan ekonomi Indonesia. Himawan Hirayoga selaku Deputi BKPM mengatakan bahwa terdapat peluang yang besar untuk meningkatkan banyaknya investasi dalam bidang peternakan sapi dan perusahaan industri pengolahannya yang masih terbuka lebar dan perlu untuk dilakukan dorongan yang kuat agar semakin tumbuh dan berkembang. Dengan demikian laju perekonomian di Indonesia juga semakin besar dan cepat. Pasalnya, konsumsi susu sapi dan daging sapi per kapitanya masih sangat rendah dan diperkirakan bisa meningkat seiring bertambahnya penduduk beserta tingkat pendapatannya masyarakat Indonesia. “Ujar Himawan Hirayoga”.

Selain itu, usaha perternakan sapi berserta perusahaan industri olahannya kini sangat berperan besar terhadap dukungan program kemandirian dan ketahanan pangan yang kini menjadi prioritas utama pemerintah untuk segera diterapkan di Indonesia. Himawan Hirayoga mengatakan bahwa kontribusiya memang cukup besar untuk dilakukannya penyerapan SDM dan pendirian pembangunan yang dilakukan pada daerah luar jawa. Dalam pencatatan BKPM sesuai periode 2010 sampai 2015 silam, jumlah SDM yang sudah terserap dalam bidang perternakan sapi beserta industri pengolahannya mencapai kurang lebih sekitar 277 ribu orang. Dimana dalam 54% diantaranya diserap dari sektor PMA (Penanaman Modal Asing). Di sisi lainnya, dalam periode 2010 sampai 2015 lalu, sekitar 57% diserap oleh sektor PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) dan industri PMA yang lokasi di luar jawa.

Sementara itu proyek PMA dan PMDN memperoleh perizinan prinsip tetapi belum terealisasikan dalam periode 2010 sampai 2015 dan nilainya sangat besar yakni Rp 17,7 triliun untuk PMDN dan US 4,1 M untuk PMA. Besar bukan total dananya? Lebih lanjutnya, Himawan Hirayoga menyatakan kembali bahwa BKPM berupaya untuk selalu meningkatkan dan mendorong perkembangan investasi dalam usaha peternakan sapi beserta industri pengolahannya dengan cara mengoptimalkan program pemberdayaan sapi dan sawit. Program tersebut juga sebagai integrasi usaha dalam bidang kelapa sawit dan bidang peternakan sapi.

No Comments

Leave a Reply