cara merawat bayi baru lahir

Langkah yang Tepat Merawat Bayi Baru Lahir

Pastinya merupakan kabar gembira bagi setiap pasang jika dikaruniai seorang anak apalagi pasangan yang baru memiliki anak. Namun kegembiraan tersebut terkadang tidak diimbangi dengan pengalaman dalam merawat bayi tersebut. Wajar saja bagi pasangan baru yang kurang memahami bagiamana cara merawat bayi baru lahir. Maka dari itu supaya anda bisa lebih baik merawat sang buah hati, perhatikan beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika merawat sang buah hati.

  1. Intensitas yang sering. Ketika bayi baru lahir dia sering merasakan kelaparan, akibatnya bayi sering menangis. Cara untuk menghentikan tangisan tersebut yaitu dengan memberikannya ASI atau susu formula. Ketika di dalam kandungan, bayi sangat tercukupi makanannya dari plasenta maka dari itu dia tidak pernah merasakan kelaparan. Namun berbeda ketika bayi sudah lahir ke dunia, pola makannya harus sangat diperhatikan. Sebaiknya beri dia ASI 4 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore, dan malam menjelang tidur.
  1. Memperhatikan pola buang airnya

Biasanya bayi baru lahir akan selalu buang air kecil dan besar, kondisi seperti itu wajar dialami oleh bayi, itu menandakan bayi mendapatkan asupan yantg mencukupi. Jika terjadi hal demikian maka sebaiknya ibu langsung mengganti popoknya, biasanya bayi akan menangis karena kondisi popoknya basah. Feses dan air seninya juga bisa menjadi indikator kesehatan bayi, ketika air seninya berwarna kuning maka dia kekurangan cairan dan bayi yang diberi ASI ekslusif biasanya fesesnya tidak begitu bau dan teksturnya lebih lunak. Selain mengganti popoknya, jangan lupa juga anda bersihkan daerah sekitarnya.

  1. Menggunakan pakaian yang sesuai. Gunakanlah pakaian yang berbahan katun, karena biasanya bahan seperti itu bisa menyerap keringat. Bayi tidak harus selalu dibedong, karena terkadang bayi tersebut suka mengalami kegerahan. Untuk memastikannya cek bagian belakang leher, jika terasa lembab maka bayi mengalami kegerahan. Ketika hendak bepergian, jangan lupa melengkapi bayi dengan kaos kaki, mantel, topi dan lain sebagainya agar bayi tidak mudah terserang masuk angin.
  1. Menggunakan kosmetik yang sesuai. Banyak sekali produk kosmetik yang diperuntukan untuk bayi seperti baby oil, lotion, baby shampoo, baby powder dan lain sebagainya. Namun dari semua produk kosmetik tersebut, pilihlah kosmetik yang cocok untuk kulit bayi.

Sebenarnya masih banyak lagi cara merawat bayi yang bisa dilakukan yang tujuannya agar bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Yang menjadi poin utama dalam hal ini adalah kesiapan dari kedua orang tuannya. Maka dari itu, poin-poin seperti di atas harus sudah dikuasai, setidaknya mengetahui hal yang memang harus dilakukan untuk merawat sang buah hati.

No Comments

Leave a Reply