Ciri-Ciri Anak Yang Sehat

Memiliki anak yang sehat merupakan keinginan setiap orang tua di seluruh dunia. Bahagia rasanya jika anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik. Untuk mendapatkan itu semua kita harus menjaga kesehatan anak tentunya. Caranya dengan memberi mereka makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, sayuran dan lain-lain, istirahat yang cukup juga diberi multivitamin guna menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit. ( Baca Juga kesehatan anak )

Ciri-Ciri Anak Yang Sehat
Pada umumnya anak yang lincah, aktif dan bugar merupakan salah satu ciri anak yang sehat. Itu adalah ciri anak yang sehat dari faktor fisik nya saja. Namun kita juga harus memastikan kesehatan anak dari segi mental dan emosinya. Berikut ada beberapa ciri anak yang sehat diantaranya:
Lincah dan aktif
Seperti yang kita bahas di atas salah satu ciri anak yang sehat adalah anak yang aktif dan lincah. Dunia anak memang ceria, mereka tidak akan berhenti bergerak juga berceloteh. Karena hal ini didukung oleh otot dan sendi anak yang masih lentur. Meskipun kadang kita suka kewalahan sendiri jika anak lagi aktif-aktifnya. Namun hati-hati jika anak anda tiba-tiba lesu dan tidak ada gairah untuk bermain, anda harus mengerti bahwa mereka sedang tidak enak badan. Karena kadang anak-anak belum bisa menceritakan apa yang mereka rasakan. Anak yang sehat akan terlihat bahagia dan responsif. Ketika diajak bicara anak akan menunjukan kontak mata yang responsif untuk itu sering-sering ajak mereka berbicara selagi ada kesempatan.

  • Rambut yang tidak kusam dan rontok

Perhatikanlah kebersihan rambut dan kulit kepala anak. Jangan biarkan rambut mereka jadi rontok dan terlihat kusam. Jika demikian bisa jadi anak anda kekurangan vitamin B komplek dan Zinc. Anak yang sehat akan memiliki rambut yang mengkilap dan kuat.

  • Gigi yang putih cemerlang dan gusi merah muda

Ciri anak yang sehat selanjutnya adalah memiliki gigi yang putih cemerlang. Hal ini membuktikan bahwa anak anda mendapat kalsium yang cukup. Jika di usia setahun gigi pertama nya belum tumbuh, berarti anak anda kekurangan kalsium yang baik. Anda bisa memperolehnya dengan memberikan mereka susu yang sesuai usianya. Pastikan juga gusi nya tidak mudah berdarah. Gigi dan gusi yang terawat tidak akan membuat mulut anak anda bau yang tak sedap.

No Comments

Leave a Comment