jenis posisi tidur

Jenis Posisi Tidur yang Bisa Memberi Efek Kesehatan

Seringkali seseorang tidak memperhatikan posisi saat tidur dan hanya melempar tubuh ke kasur lalu tidur. Sebenarnya, posisi tidur ini dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Jika posisi Anda tidak tepat, maka bisa memberikan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh Anda seperti leher dan punggung, membuat Anda tetap merasa lelah, masalah perut, sakit kepala, maag, dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda harus mengetahui jenis posisi tidur mana yang baik untuk kesehatan Anda supaya dapat mengurangi penyakit yang dapat Anda derita dari hal ini. Berikut adalah posisi tidur yang benar dan paling baik untuk Anda serta posisi tidur yang kerap Anda lakukan namun dapat memberi efek buruk pada kesehatan Anda.

1.Terlentang

Ini adalah posisi terbaik bagi tubuh Anda karena tulang belakang, kepala serta leher dapat beristirahat dalam keadaan netral. Bagian tersebut tidak akan terkena tekanan yang kuat dan Anda pun tidak merasa kesakitan saat bangun pada pagi hari. Gunakan bantal yang cukup banyak sehingga kepala Anda terangkat lebih tinggi dari perut agar makanan yang sudah Anda makan tidak bisa naik ke tenggorokan atau sering dikenal sebagai asam refluks. Posisi ini kurang cocok untuk Anda yang mengidap sleep apnea karena posisi ini dapat membuat lidah menutup saluran pernapasan dan yang mendengkur saat tidur karena akan membuat dengkuran bertambah parah.

2.Menyamping Seperti Janin

Posisi seperti janin yaitu dimana Anda tidur ke samping, membungkuk dan menekuk lutut ini sangat baik untuk Anda yang sedang mengandung karena posisi ini memungkinkan untuk menaikkan sirkulasi darah tubuh Anda dan janin. Selain itu posisi ini juga berguna untuk mengurangi peluang rahim menekan hati Anda. Tapi posisi ini dapat menyebabkan pernapasan Anda terbatas dan nyeri sendi dan punggung.

3.Tengkurap

Posisi tidur ini adalah posisi terburuk karena dapat menyebabkan leher dan punggung Anda sakit. Selain itu, dengan tengkurap, otot dan sendi Anda dapat mati rasa, pegal dan kesemutan. Lebih baik Anda tidak tidur dalam posisi tengkurap karena saat bangun di pagi hari, tubuh Anda pasti akan pegal-pegal dan sakit. Posisi ini sangat tidak dianjurkan bagi Anda.

No Comments

Leave a Reply