Kerjasama Riset PPPGL dan Departemen ITK IPB

Kolaborasi riset antara instansi pemerintah dan perguruan tinggi sangat berperan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Hal ini berlaku untuk setiap bidang riset, termasuk dunia kelautan yang berhubungan secara langsung dalam pembangunan kemajuan maritim di Indonesia. Dalam hal ini, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB (Institut Pertanian Bogor) bekerjasama dengan PPPGL atau Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Laut melakukan riset dalam berbagai macam studi, survey lapangan dan juga publikasi demi mendukung perkembangan kemajuan maritim yang ada di tanah air.

Tiga orang mahasiswa Program Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul atau disingkat PMDSU S2 dan S3 Program Studi Teknologi Kelautan dari Departemen Ilmu Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor yaitu Angga Dwinovyanto, Rina Nurkhayati dan Steven Solikin menjalin kerjasama riset dengan PPPGL. Kegiatan tersebut dibimbing oleh promotor Dr. Henry Manik dan juga peneliti PPPGL, Dr. Susilohadi. Kegiatan kolaborasi tersebut membahas berbagai macam topik seputar dunia maritim. Diharapkan kegiatan kerjasama riset tersebut semakin mendalam dan terus terjalin dengan baik.

Beberapa kolaborasi riset PPPGL dan Departemen ITK IPB dalam bidang akustik membahas berbagai macam materi, diantaranya yaitu:

• Estimasi konsentrasi Total Suspended Solids atau TTS dan tumpahan minyak dengan ADCP (Acoustic Doppler Current Profiler) yang dilakukan oleh Angga Dwinovyanto.
• Pemetaan habitat menggunakan Side Scan Sonar yang diterapkan oleh Rina Nurkhayati.
• Karakteristik dan model sedimen yang dikerjakan oleh Steven Solikin.

Berbagai program riset dan penelitian yang didasari oleh kerjasama antara instansi Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Laut dan Departemen Ilmu Teknologi Dan Kelautan IPB (Institut Pertanian Bogor) perlu memperoleh prioritas yang tinggi karena adanya kolaborasi ini memungkinkan IPB untuk menjalin berbagai macam kerjasama dan jejaring kolaborasi dengan lembaga atau instansi yang lain. Kerjasama antara instansi pemerintah dan lembaga pendidikan atau perguruan tinggi juga diharapkan dapat meningkatkan riset yang lebih dalam mengenai bidang kelautan demi terciptanya dukungan yang baik untuk perkembangan teknologi maritim Indonesia.

Baca Juga : Nilai Lebih Jika Anda Masuk IPB

No Comments

Leave a Reply