Makanan Pantangan Darah Tinggi

Makanan Pantangan Darah Tinggi

Akhir-akhir ini, jumlah kematian yang terjadi secara mendadak semakin meningkat. Penyebabnya antara lain stroke dan serangan jantung yang terjadi secara tiba-tiba. Kedua penyakit ini bisa jadi dipicu oleh tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi. Penyakit yang satu ini memang seperti bahaya laten yang tidak terlihat. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita hipertensi. Kebanyakan baru merasakan bahwa dia terserang hipertensi sejak muncul gejala-gejala tertentu seperti kepala yang pusing dan terasa berat, bahu yang kaku dan pandangan yang kabur secara tiba-tiba. Setelah merasakan gejala seperti itu, kemudian penderita ditensi dan hasilnya menunjukkan angka di atas 120/90 mmHg. Jika hal itu sampai terjadi, maka akan sulit menurunkan tekanan darah seperti semula.

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh penderita darah tinggi adalah menjaga agar tekanan darah tidak meningkat secara tiba-tiba. Sebab hal ini bisa menyebabkan rusaknya pembuluh darah dan penderita bisa terserang stroke yang berujung pada kematian. Untuk itu, penderita harus menghindari makanan yang menjadi pantangan darah tinggi seperti :

Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi seperti daging kambing, daging sapi dan minyak sawit sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Karena asupan lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan resiko kegemukan yang justru memciu tekanan darah tinggi. Selain itu, penderita sebaiknya menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng karena dapat beresiko terkena serangan jantung.

Hindari Makanan Asin

Makanan yang mengandung banyak garam sebaiknya benar-benar dihindari oleh penderita hipertensi. Sebab garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri pada jantung sehingga resiko stroke dan serangan jantung meningkat. penderita hipertensi seharusnya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam atau menambahkan garam pada masakan. Bila perlu, penderita harus menggunakan garam khusus untuk hipertensi.

Makanan Olahan Atau Cepat Saji

Berbagai makanan cepat saji sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Karena makanan olahan banyak mengandung garam atau bahan kimia lainnya yang bisa meningkatkan resiko terjadinya stroke atau penyumbatan pembuluh darah.

Penderita hipertensi sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang rendah kalori atau rendah kolesterol seperti produk-produk dari Tropicana.

No Comments

Leave a Reply