Manfaat Kasih Sayang Orang Tua di Dalam Tumbuh Kembang Anak

Memberikan kasih sayang kepada anak merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Meski begitu orang tua harus tetap memberikan kasih sayang pada porsi yang sewajarnya. Seperti kita ketahui, kasih sayang sayang berlebih kepada anak akan menimbulkan dampak buruk bagi mental dan tumbuh kembang anak. Untuk itu memberikan kasih sayang secara bijak merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini manfaat kasih sayang orang tua didalam tumbuh kembang anak yang perlu anda ketahui

1. Meningkatkan kinerja otak.
Sebuah study penelitian menyimpulkan jika kasih sayang orang tua mampu meningkatkan kinerja otak anak menjadi lebih pintar. Maka tak bisa dipungkiri jika anak yang lebih dekat dengan orang tua biasanya terlahir lebih pintar. Dengan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua, anak akan termotivasi untuk lebih giat belajar, sehingga hal ini sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan bagi si anak

2. Lebih sehat pada saat ber usia emas.
Banyak para peneliti mengungkap jika kasih sayang dari orang tua, juga mampu meningkatkan kesehatan mulai masih kecil hingga dia beranjak dewasa nantinya. Kasih sayang dari orang tua akan memicu saraf motorik anak, sehingga membuat anak lebih semangat untuk bergerak. Dengan seringnya bergerak, membuat kinerja otot dan tulang terbentuk lebih kuat.

3. Anak akan memberikan feedback positif kepada orang tua.
Kasih sayang orang tua yang baik pasti akan membuat anak akan memberikan feedback positif kepada orang tua. Cobalah untuk sesekali mengumpulkan semua anggota keluarga, untuk menghangatkan suasana seduhlah teh Sariwangi dan nikmati bersama. Kehangatan keluarga yang seperti ini harus selalu dipertahankan, karena kebiasaan ini juga dapat melatih anak agar lebih sayang dengan anggota keluarga.

4. Anak akan lebih terbuka dengan orang tua.
Kebiasaan kasih sayang yang diterapkan oleh orang tua juga akan membuat anak lebih dekat dengan orang tua. Anak akan lebih terbuka dan akan menceritakan kejadian-kejadian yang selama ini mereka alami, mulai yang meyenangkan maupun tidak menyenangkan. Dengan begitu orang tua akan lebih mudah dalam memberikan nasehat yang positif terhadap anak.

No Comments

Leave a Reply