Mengenal Lembaga Pemerintahan Di Indonesia

Negara demokrasi seperti Indonesia mempunyai lembaga pemerintahan yang terbagi dalam 3 golongan utama yaitu Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif dimana ketiganya mempunyai peranan yang berbeda dalam roda pemerintahan namun saling terkait satu sama lain.

Sepanjang sejarah berdirinya negara Indonesia sejak tahun 1945 hingga sekarang, terdapat berbagai lembaga pemerintah yang sempat terbentuk namun seiring dengan berjalannya waktu terjadi perubahan dinamika politik sehingga suatu lembaga tidak memiliki peran lagi dimana pada akhirnya lembaga pemerintah tersebut di-nonaktifkan. Artikel ini akan menjelaskan beberapa lembaga pemerintah yang sudah dibubarkan seperti sebagai berikut.

• Badan Akuntansi Keuangan Negara

Disingkat BAKUN yang merupakan lembaga struktural dibawah kementerian keuangan yang dibubarkan pada tahun 2004. BadanAkuntansi Keuangan Negara tidak sepenuhnya dibubarkan melainkan dilebur kedalam Dirjen Pembendaharaan.

• Badan Pengembangan Kebudayaan Dan Parawisata

Merupakan lembaga pemerintah non departemen yang memiliki tugas membantu pemerintah dalam melakukan pengembangan kebudayaan dan parawisata guna melestarikan kebudayaan asli daerah sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Pada tanggal 26 mei 2003 dilebur menjadi satu kedalam Depbudpar RI.

• Badan Penyehatan Perbankan Nasional

BPPN dibentuk berdasarkan keppres no 27 tahun 1998 dimana lembaga non struktural satu ini berperan untuk menyehatkan perbankan Indonesia yang sempat digucang krisis ekonomi. Selama 6 tahun berdiri ternyata BPPN tidak memiliki kinerja yang signifikan sehingga dibubarkan oleh presiden Megawati Soekarnoputri pada tahun 2004.

• Dewan Pertimbangan Agung

Sering disingkat menjadi DPA yang merupakan lembaga tinggi negara dengan peran memberikan saran dan masukan kepada presiden sebelum mengambil keputusan. Intinya Dewan Pertimbangan Agung ini berperan layaknya penasehat presiden. DPA terbentuk berdasarkan UUD 1945 pasal 16 sebelum terjadi amandemen. Pada tahun 2003, Dewan Pertimbangan Agung resmi dihapus berdasarkan Keppres no 135 oleh Presiden Megawati.

• Departemen Penerangan

Merupakan sebuah kementerian yang sudah ada sejak tahun 1945 hingga tahun 1999 dibubarkan atau berganti nama menjadi Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi tahun 2001 hingga 2005. Pada tahun 2005 hingga 2009 berubah nama menjadi Departemen Komunikasi, dan Informatika dan pada akhirnya sekarang menjadi Menkominfo. Berperan dalam urusan komunikasi dan informasi negara Indonesia.

Itulah beberapa lembaga pemerintah yang sudah dibubarkan atau dileburkan. Alasan pembubaran lembaga lembaga tersebut disebabkan karena tidak punya andil yang besar dalam pemerintah. Ada juga lembaga yang dilebur dengan tujuan untuk menghemat anggaran negara. Sedangkan untuk lembaga penting seperti BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) masih dipertahankan hingga sekarang ini mengingat peranan BKPM sangatlah vital dalam urusan investasi.

No Comments

Leave a Reply