Mewujudkan Keluarga yang Bahagia Itu Cukup Sederhana

Siapa yang tidak ingin memiliki keluarga yang bahagia ? Semua orang pastinya menginginkan untuk bahagia bersama dengan keluarga. Seperti yang kita tahu kalau keluarga adalah lingkungan pertama yang kita kenal sejak lahir sehingga kedekatan pun dapat terpupuk sejak kecil pula. Akan tetapi sayangnya untuk mewujudkan keluarga bahagia itu tidak semuanya berhasil. Ada yang justru berujung pada konflik. Mewujudkan keluarga yang bahagia sebetulnya cukup sederhana. Namun memang perlu perjuangan untuk membangun kebahagiaan di dalam keluarga. Sebagian orang justru sibuk untuk menciptakan berbagai standar tersendiri tentang keluarga bahagia yang harus diraih sampai pada akhirnya justru berujung pada lupa untuk menikmati perjalan di setiap usaha untuk mencapai tujuan yakni membangun kebahagiaan di dalam keluarga.

 

Kunci sederhana dari mewujudkan keluarga bahagia sebetulnya adalah kebersamaan. Bahagia di dalam keluarga tidak dapat diukur dengan materi. Bagaimanapun keadaannya, apabila setiap anggota keluarga mengusakan serta menikmati kebersamaan, selalu menjalin kedekatan antar anggota keluarga, tentu anggota keluarga semuanya akan saling memahami sehingga keluarga yang bahagia dapat diwujudkan sesuai harapan. Ya, memang pada kenyataannya kebahagiaan dalam keluarga dapat diwujudkan dengan berbagai cara, dan bahkan yang paling sederhana sekalipun. Dalam hal menciptakan kebersamaan di dalam keluarga dapat melalui kegiatan yang simple saja seperti membiasakan untuk makan malam dan juga sarapan bersama di meja makan, bermain bersama saat waktu luang, sekedar ngobrol dan menikmati minuman hangat ataupun kudapan, ataupun juga gotong royong membersihkan rumah di setiap akhir pekan yang berikutnya juga dapat dilanjutkan dengan bersantai.

 

Berbagai hal-hal menarik yang dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga bakal membantu untuk menciptakan keakraban di dalam keluarga, ikatan antar anggota akan semakin kuat, semakin saling paham bagaimana karakter dari masing-masing anggota keluarga, jadi wujud keluarga bahagia bisa diperoleh dan sekalipun saat keluarga diterpa masalah, semua anggota keluarga pun bakal memegang peranan aktif untuk sama-sama menyelesaikannya. Masalah yang muncul di dalam keluarga memang menjadi bumbu dalam mengarungi kehidupan berkeluarga, dimana masalah hadir untuk dihadapi dan diselesaikan bukan dihindari. Masalah kecil bisa jadi membesar jika memang cara untuk menghadapinya juga dilakukan kurang tepat. Akan tetapi akan berbeda jika keluarga setiap harinya selalu menjalin kedekatan, kebersamaan, dan saling pengertian. Menyelesaikan masalah di dalam keluarga tentu akan lebih mudah.

No Comments

Leave a Comment