kindergarten

Pentingnya Memasukkan Anak di PAUD

Pendidikan itu penting tidak hanya bagi orang dewasa namun juga bagi anak-anak walaupun kegiatan anak-anak adalah bermain. Namun, sebelum masuk ke taman kanak-kanak, biasanya anak akan masuk ke PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini. Masa di kindergarten merupakan masa yang penting bagi anak-anak karena di tempat tersebut anak-anak akan diajari berbagai macam kegiatan mulai dari bernyanyi, bermain hingga menari.

Preschool merupakan pendidikan yang penting bagi anak karena usia 3-5 tahun merupakan masa emas anak dan masa yang terpenting untuk perkembangan otak anak. Sesuai dengan yang dikatakan oleh Michele Macias MD yang menjadi juru bicara dari AAP atau American Academy Pediatrics dan yang juga menjabat sebagai ketua AAP di bagian perkembangan dan perilaku anak, anak-anak harus berada di suatu lingkungan yang memungkinkan untuk menjelajah apa saja dan bersiap untuk ke sekolah. Oleh karena itu PAUD menjadi sangat penting bagi kehidupan anak.

Walaupun PAUD berperan penting dalam kehidupan anak tidak hanya dalam masalah perkembangan otak anak, namun juga mental dan perilaku anak, namun sekolah usia dini tersebut bukan merupakan suatu kewajiban yang harus diberikan kepada anak. Hal tersebut dikarenakan tidak semua orang tua mampu membayar biaya yang harus dibayarkan untuk masa sebelum sekolah tersebut terlebih lagi biaya pendidikan yang semakin lama semakin mahal.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan jika masa kindergarten bukan menjadi keharusan dan menjadi pertimbangan bagi orang tua jika:

  • Anak tetap menolak untuk bersekolah walaupun Anda telah mencobanya selama beberapa waktu misalnya selama 2 bulan.
  • Program kurikulum yang diterapkan di tempat tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan anak Anda.
  • Tenaga pengajar yang terdapat di tempat tersebut kurang kompeten misalnya tidak sayang terhadap anak-anak dan tidak memiliki sikap yang sabar untuk menghadapi anak-anak.
  • Kegiatan yang diterapkan monoton sehingga tidak membantu dalam perkembangan otak anak.
  • Lokasi yang terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Jika tempat tersebut terlalu jauh, justru akan membuat anak Anda menjadi lelah di perjalanan dan akibatnya, anak Anda menjadi tidak bersemangat untuk melakukan kegiatan di sekolahnya.

Artikel Terkait: http://qoryannisawicita.com/manfaat-penting-memberikan-pendidikan-anak-usia-dini/

No Comments

Leave a Reply