Tips Menghadapi Kendaraan Roda Empat Mogok Karena Banjir

Tips Menghadapi Kendaraan Roda Empat Mogok Karena Banjir

BeritaPositif.net – Sebagai manusia kita tentu tak pernah mengetahui hal apa yang akan terjadi, baik dan buruknya, lama dan sebentarnya, cepat atau lambatnya dan lain sebagainya. Termasuk ketika sedang mengendarai mobil, yang kemudian dalam perjalanan terjadi hujan besar hingga menimbulkan genangan di jalanan, hingga terjadinya banjir. Musibah semacam ini bukan lagi hal yang baru, namun sudah menjadi biasa bagi sebagian besar kalangan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah rawan banjir. Selain dari terhambatnya perjalanan yang dilakukan, juga sedikit banyaknya menyebabkan kendaraan roda empat mengalami gangguan, tak jarang hingga mengalami mogok di tengah genangan air yang lumayan tinggi. Menghadapi kejadian seperti ini, membuat pengendara menjadi panik karena tak tahu apa yang harus dilakukan. Apalagi ketika di wilayah tersebut jauh dari tempat dan atau toko otomotif yang bisa membantu memperbaiki kendaraan mobil.

Nah, untuk mengatasinya perhatikan beberapa tips yang telah kami rangkum di bawah ini dengan cermat.

  • Berusahalah untuk tetap tenang, atau tidak panik. Apabila gangguan semacam ini terjadi, maka akan mempengaruhi daya pikir yang sehingga sulit mencari solusi atau tindak lanjut yang memang tepat dan cepat. Yang pada akhirnya akan semakin memperparah keadaan.
  • Keluarlah, atau tetap berdiam diri di dalam mobil kemudian hilangkan rasa takut, khawatir, malu dan semacamnya untuk meminta bantuan kepada orang disekitar. Untuk membantu mendorong kendaraan hingga sampai pada lokasi yang lebih aman dari genangan air.
  • Sebelum menghubungi pihak atau orang yang ahli serta memiliki ilmu tentang dunia otomotif yang mumpuni. Cobalah untuk membuka bagian mesin kendaraan, dan keringkan menggunakan kain, tisu dan lainnya. Terutama untuk bagian yang mendapatkan saluran listrik, karena bagian inilah yang rentan terjadi kerusakan saat berhubungan dengan air.
  • Setelah semua benar-benar kering, cobalah untuk menghidupkan kembali mesin mobil milik anda tersebut. Apabila mobil kembali hidup, alangkah baiknya jika tidak menunggu lama untuk memeriksa secara keseluruhan pada bengkel khusus.

Baca juga: Cara dan tips diet sehat alami

No Comments

Leave a Reply