cara mengatasi kaki pecah pecah

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah dan Perawatan yang Bisa Dilakukan

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah – Setiap orang menginginkan kulit yang sehat dan tidak kering serta pecah-pecah. Namun, karena kondisi dan faktor tertentu, menyebabkan kulit kaki menjadi mengering dan pecah-pecah. Banyak cara mengatasi kaki pecah-pecah yang bisa dilakukan mulai dari menggunakan krim khusus untuk mengatasi kaki yang kering dan pecah-pecah hingga menggunakan bahan alami misalnya menggunakan petroleum jelly dari Vaseline.

Untuk mengatasi kaki yang pecah-pecah dan kering, Anda bisa menggunakan batu apung. Batu apung ini bisa membuat kulit kaki Anda yang keras menjadi terkelupas sehingga kulit kaki menjadi lebih halus. Sebelum menggosokkan dengan batu apung, rendam terlebih dahulu kaki Anda dengan menggunakan air sabun kurang lebih 5 menit atau hingga kulit kaki Anda menjadi lembut. Setelah itu, gosokkan batu apung tersebut ke kaki Anda secara perlahan di bagian kaki yang pecah-pecah. Lakukan hal tersebut kurang lebih 2-3 menit sehingga kulit mati yang ada di kaki Anda bisa terangkat dan hilang.

Anda bisa menggunakan beberapa jenis masker alami sebagai cara mengatasi kaki pecah pecah yang bisa Anda buat dan gunakan sendiri di rumah. Diantaranya adalah:

  • Masker atau lulur oatmeal dari 1 sdm oats kering ditambah dengan 1 sdm minyak zaitun atau almond, aduk merata. Lumurkan di kaki bersih dan diamkan ½ jam sebelum dibilas bersih lalu olesi pelembab kulit.
  • Masker alpukat pisang. Mencampurkan 1 buah pisang masak dan ½ buah alpukat. Haluskan dan tambahkan minyak esensial seperti minyak kelapa. Balurkan ke kaki yang sudah dibersihkan. Diamkan 10-20 menit atau biarkan semalaman. Bilas dan beri pelembab kulit.
  • Masker tepung beras dari 3 sdm tepung beras, beberapa tetes madu, cuka sari apel. Aduk merata hingga mengental. Balurkan ke kaki yang sudah direndam dengan air hangat selama 10 menit dan dikeringkan. Pijat lembut dan bersihkan.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan dan buah, mengurangi mengkonsumsi alkohol dan juga minum air putih minimal 8 gelas per harinya. Cara ini dilakukan untuk menjaga agar nutrisi yang ada di dalam tubuh dari sayur dan buah yang dikonsumsi bisa maksimal dan cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan baik sehingga menyebabkan kulit tetap dalam kondisi lembab dan terhindar dari dehidrasi.

Selain itu, cara mengatasi kaki pecah-pecah bisa juga menggunakan petroleum Jelly dari Vaseline. Petroleum jelly ini sudah terkenal mampu untuk mengembalikan kelembaban dari kulit tidak hanya di kaki namun juga bagian tubuh yang lainnya. Untuk mengatasi kaki yang pecah-pecah, bersihkan dahulu kaki Anda, keringkan dengan cara ditepuk-tepuk atau di gosok perlahan. Lalu oleskan petroleum jelly dari Vaseline di aki Anda menjelang tidur. Kenakan kaos kaki yang bersih dan nyaman untuk dipergunakan. Diamkan semalaman dan keesokan harinya Anda akan mendapatkan kaki yang lebih lembut dan halus.

 

No Comments

Leave a Reply