Ragam Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya atau tanaman yang juga biasa disebut dengan Aloe Vera ini merupakan jenis tanaman yang banyak di budidayakan di Indonesia.  Anda bisa melihatnya ketika berkunjung ke rumah sanak-saudara, pasti ada tanaman Lidah buaya di taman milik mereka. Maklum saja, dari segi bentuk yang unik, tanaman ini sudah sangat cocok dikoleksi sebagai tanaman hias. Tidak hanya dari segi bentuk saja, kebanyakan orang membudidayakan tanaman ini karena fungsi yang dimilikinya. Biasanya, bagian-bagian dari tanaman Aloe Vera ini yang bisa digunakan yaitu bagian gel dan lateksnya. Kebanyakan orang memanfaatkan gelnya untuk dijadikan sebagai krim, salep, losion dan lain sebagainya. Sedangkan untuk bagian lateks, biasa digunakan orang untuk diolah menjadi suplemen dan jenis obat-obatan lainnya. Tapi, tahukan Anda macam-macam manfaat dari aloe vera? Nah, jika Anda belum tahu mari kita ulas manfaat dari tanaman Lidah Buaya yang sebenarnya!

manfaat aloe vera

Melembabkan kulit dan juga mencegah iritasi

Fungsi Lidah buaya berikutnya yang tidak diketahui oleh orang lain adalah kemampuan tanaman ini dalam membantu melembabkan kulit. Dari penelitian yang dilakukan oleh The Indian Journof Dermatoloy, mereka menyimpulkan bahwa tanaman Lidah buaya tidak hanya kaya akan vitamin E, C dan A, tetapi tanaman ini juga kaya akan mineral serta antioksidan yang berfungsi untuk mengikat sel kulit mati dan memperbaiki kondisi kulit baik itu luar maupun dalam. Sehingga sangat wajar jika tanaman Aloe Vera ini cocok dimanfaatkan untuk melembabkan kulit yang kering. Tidak hanya mampu melembabkan kulit saja, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati iritasi kulit seperti psoriasis, eksim dan lain sebagainya. Jadi bagi Anda yang terkena iritasi kulit, bisa menggunakan Lidah buaya untuk mengobatinya.

Menguatkan kekebalan tubuh dan sebagai sumber asam amino yang dibutuhkan tubuh

Fungsi Lidah buaya berikutnya yaitu mampun meningkatkan sistem imun tubuh karena banyaknya kandungan antioksidan dalam tanaman ini yang berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Sekedar informasi untuk Anda, radikal bebas merupakan sebuah senyawa dalam tubuh kita yang tidak stabil dan ketidakstabilan senyawa terseebut karena efek samping dari proses metabolisme yang juga memiliki kontribusi dalam proses penuaan dan juga penyebab dari timbulnya beragam macam penyakit berbahaya dalam tubuh. Maka dari itu, jika Anda meminum jus Lidah buaya akan sangat membantu dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk lebih kebal terhadap penyakit. Fungsi yang lainnya dari jus Lida buaya yaitu memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh. Kita semua tahu bahwa tubuh kita membutuhkan setidaknya 20 asam amino berbeda yang berfungsi untuk membangun protein. Sayangnya, tubuh tidak mampu mengasilkan 8 dari asam amino yang dibutuhkan, dan jus Lidah buaya memiliki kandunan 7 dari asam amio esensial dan memiliki 19 asam amino total yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagai conditioning dan mengatasi ketombe yang tumbuh di kulit kepala

fungsi Lidah buaya yang berikutnya yaitu sebagai obat mengurangi ketombe. Sekedar informasi, ketombe disebabkan oleh Malassezia dan jamur lemak makan yang bisa hidup di kulit kepala. Tanaman Aloe Vera ini sangat berfungsi dalam memberantas sel-sel kulit mati  dan jamur yang tumbuh di kulit kepala, karena adanya kandungan antijamur dalam tanaman ini. Sifat jamur yang bisa tumbuh di lingkungan asam juga dapat diatasi oleh kandungan alkalizing yang dimiliki oleh Lidah buaya, sehingga akan membuat jamur tidak dapat tumbuh dengan baik di kulit kepala Anda. Gel Lidah buaya juga sangat berfungsi jika digunakan sebagai conditioning untuk kulit kepala. Dengan menggunakan gel Lidah buaya sebagai conditioning maka akan sangat membantu untuk menyejukkan kulit keala Anda. Sebab, gel Lidah buaya memiliki kandungan yang mirip dengan protein, keratin, dimana zat tersebut biasanya bisa diproduksi secara alami oleh sel-sel rambut.

No Comments

Leave a Reply