Tips Akur dengan Ibu Mertua

Tips Membuat Ibu Mertua Selalu Akur Dengan Kita

Saat Anda memutuskan untuk menikah, idealnya, semua keputusan tentang pesta pernikahan hingga masa depan yang Anda rencanakan sedianya menjadi milik Anda dan pasangan. Tapi, jika Anda memiliki ibu mertua yang vokal dalam memberikan opini dan selalu turut andil dalam memutuskan setiap pilihan, sepertinya akan sulit bagi Anda berdua untuk menghindarinya.

Lantas, bagaimana Anda menyikapi ibu mertua yang seperti ini? Berikut adalah beberapa tips dan saran untuk menghadapi ibu mertua.

Melihat Dari Niatnya

Anda harus memahami mengapa ibu mertua terkadang campur tangan dalam urusan kehidupan pernikahan Anda. Kasus yang biasa terjadi, ibu mertua Anda kadang merasa tidak nyaman lantaran dia merasa sudah tidak mampu membantu dan menjadi ibu yang berguna untuk Anda. Apalagi karena Anda sudah memiliki kehidupan keluarga sendiri. Walaupun terkesan selalu berkomentar, percayalah bahwa ibu mertua Anda memiliki niat yang tulus untuk mencoba membantu Anda.

Masalah Waktu

Bila Anda terasa telah waktunya untuk mengungkap apa yang Anda rasakan, pastikan saat yang pas. Jauhi saat yg tidak mensupport, umpamanya waktu ibu tengah tak mood atau waktu dianya tengah repot. Ajak ibu mertua untuk sebatas minum kopi keluar berbarengan atau makan siang. Bila waktunya telah pas, Anda dapat pelan-pelan memasukkan tema ini ke perbincangan yang enteng.

Memilih Kata Yang Tepat

Senantiasa mulai dengan mengungkapkan apa yang Anda kagumi perihal dianya, bagaimanakah Anda mengapresiasikan perhatiannya pada Anda. Katakan, ”Ibu, saya sangatlah menghormati pertolongan ibu pada saya. Namun izinkan saya berusaha untuk mengatasi seluruhnya lewat cara saya sendiri. ”

Bercakap Lemah Lembut dan Bersikap Baik

Berusahalah untuk jadi menantu yang baik, kalem, serta lemah lembut, dengan bicara dan berlaku santun. Janganlah lupa perlakukan gestur yang sederhana tetapi bermakna, seperti menyeka lembut tangannya, atau bahkan juga memeluknya. Janganlah sungkan untuk sebatas kirim hadiah kecil seperti bunga untuk tunjukkan perhatian Anda. Hal semacam ini tunjukkan bahwa Anda betul-betul tulus mencintainya serta tak punya niat untuk menjauhkannya dari kehidupan Anda.

Singkat, Jelas dan Padat

Komunikasikan tiap-tiap hal dengan ibu mertua sesuai sama maksud yang sesungguhnya. Janganlah berusaha untuk memutar-mutar serta berbasa basi, lantaran dia bakal berasumsi Anda terlampau mendiktenya.

Sabar

Walaupun Anda telah mencoba segala hal secara diplomatis, ibu mertua tentu akan terus bersikap defensif. Dalam hal ini, tetaplah bersabar dan terus mengingatkannya bahwa,”Terima kasih ibu, atas semua bantuannya. I love you.”

Pada akhirnya, seorang ibu hanya menginginkan untuk selalu merasa dibutuhkan untuk anak-anaknya. Jadi, tetaplah mencoba meminta saran dan nasehat tentang sesuatu hal seperti memasak yang enak ala ibu, bagaimana menyeimbangkan antara waktu bekerja dan mengurus rumah. Biarkan dia tahu bahwa Anda tetap menghargai sarannya dan ingin menjadi anak kesayangannya juga.

No Comments

Leave a Reply